Jumat, 06 Mei 2011

TRICK CLOSE UP MAGIC COIN

Trik Sulap Koin : Coin Flourish - Coin Roll
Jika selama ini kata "flourish" selalu identik dengan kartu, kali ini saya akan mencoba menyoroti alternatif lain dalam flourish, yaitu coin flourish. Sama seperti card flourish, coin flourish (disebut juga "Coin Manipulation") bisa didefinisikan sebagai gerakan-gerakan indah yang dilakukan dengan satu atau lebih koin di tangan anda. Coin flourish bisa dimainkan secara terpisah sebagai pertunjukan, atau bisa juga digabungkan dengan koin magic untuk memperindah trik sulap yang anda bawakan. Sejauh ini, baru ada sedikit nama di dunia coin flourish yang layak mendapat gelar "master". Peminatnya pun belum sebanyak card flourish. Oleh karena itu, saya melihat ada peluang yang sangat besar bagi anda untuk dikenal di dunia internasional jika mampu menguasai gerakan-gerakan coin flourish dengan sempurna dan menguploadnya dalam bentuk video yang berkualitas. Berikut adalah salah satu contoh video coin manipulation yang menurut saya tidak kalah menarik dari Card Manipulation :







Sama seperti card flourish, dalam coin flourish ada juga gerakan-gerakan dasar. Yang pertama kali harus anda kuasai adalah Coin Roll (sering disebut juga sebagai Coin Walk), di mana anda membuat sebuah koin bergerak naik turun di antara sela-sela jari anda. Berikut video tutorialnya :
rik ini disubmit oleh Andy Retsuyama, Pemenang the Battle of Wikumagic October 2010

Efect : dapat menghilangkan coin dengan menggunakan kecepatan tangan
trick :
- perlihatkan kepada penonton, bahwa di tangan anda hanya memiliki 1 coin,
- lalu simpanlah di punggung jempol anda (lihat gambar ke-1.)
- Berpura-puralah mengambil coin tsb dengan tangan kiri anda



- tapi sebenarnya anda menjatuhkannya ke tangan kanan anda
- lalu perlihatkan & katakan jika coin tsb ada di tangan kiri anda tp sebenarnya ada di tangan kanan anda



- lalu yakinkan ke penonton jika coin tsb ada di tangan kiri anda tapi sebenarnya anda memindahkan coin tsb. Ke punggung tangan kiri anda






- lalu perlihatkan jika coin tsb menghilang, tidak ada di telapak tangan anda tapi sebenarnya coin tsb. Ada di punggung tangan kiri anda




- lalu pindahkan kembali ke telapak tangan sebelah kanan, katakana jika dibelakangpun tidak ada..




- lalu munculkan kembali.. / lakukan finishing yang anda suka

so. Selamat mencoba..

descript : hasil explor dari trick dasar COIN MAGIC

Learn The Basic Part 3 (Coin Matrix)
Trik ini disubmit oleh Andy Setiant, peserta The Battle of Wikumagic June 2010 kategori First Division

Coin Matrix
Efek :
Hanya bermodalkan 2 kartu remi, anda dapat memindahkan koin secara magis.

Prosedur :
-Agar lebih mudah memahami, di sini kita sebut saja ”kartu & 1 koin kiri=A” sedangkan ”kartu & 1 koin kanan=B”
-Langkah pertama letakan 1 koin di kanan, lalu letakan 1 kartu di atasnya




-Kemudian letakan 1 kartu di kiri, tapi sebenarnya di kartu ini terdapat 1 koin tersembunyi yang tidak di ketahui penonton, jadi penonton hanya mengira bahwa hanya ada sebuah kartu!





-Katakan bahwa anda akan memindahkan koin di B ke A, maka angkat kartu A & B secara bersama’an (sa’at mengangkat kartu B angkat juga koinnya)




--Koin B pun telah berpindah ke A, lalu kembalikanlah koin A ke B dengan cara yang sama.

Pengembangan :
Coin Matrix With Hand : untuk sekmen kali ini saya rekomendasikan untuk para pemula, jika anda telah bisa melakukan trik tadi, maka anda bisa melakukan coin matrix hanya dengan telapak tangan, bagaimanakah caranya? Nah, inilah teka-teki untuk anda, Teka-teki ini bukanlah teka-teki yang sulit, tidak jauh dari konsep coin matrix, sekedar variasi/pengembangan.
Teknik Dasar Coin Palming
Trik ini disubmit oleh Yana, peserta The Battle of Wikumagic June 2010 kategori First Division

Komentar Wiku the Online Magician : Sejak pertama kali mengirimkan trik di The Battle of Wikumagic, Yana menjadi salah satu penulis artikel favorit saya. Artikel-artikel yang dikirimkanoleh Yana selalu berkualitas sangat baik, mudah dipahami, dan sangat aplikatif. Kali ini, "Teknik Dasar Koin Palming" bisa digunakan sebaik mungkin untuk memaksimalkan pertunjukan koin magic anda. MEmang trik sulap dengan koin terbilang sangat simpel, tapi efeknya tidak kalah dengan ilusi yang menggunakan alat-alat berat. Selamat membaca satu lagi artikel yang sangat brilian dari Yana Tri Wardana.

BASIC PALMING COIN

Trik dasar palm koin

Sumber ; semua gambar dari magic hobby, semua kata-kata telah diedit dengan kalimat sendiri.
Dalam permainan magic, teknik palming/ menyembunyikan koin, kartu, dsb dengan menggenggam/ menyelipkannya diantara ruas jari telapak tangan adalah hal yang biasa dilakukan magician. Palm lazimnya dilakukan dengan telapak tangan atau jari-jari tangan, entah bagian dalam ataupun bagian luarnya. Seorang magician khususnya yang beraliran close-up (sulap jarak dekat) harus memiliki teknik-teknik palm yang sempurna. Palm dipelajari dimaksudkan untuk menyembunyikan koin/ kartu secara sempurna dari sudut pandang penonton. Dalam artikel ini khusus teknik palm koin saja yang saya tuliskan, karena jika dengan kartu akan terlalu banyak isinya.


Beberapa faktor yang harus diperhatikan agar palming koin kita sempurna, yaitu :
1. Telapak tangan harus disesuaikan dengan ukuran koin, maksudnya jika ukuran telapak tangan kita tak cukup besar janganlah kita memainkan koin dengan diameter yg besar, maka ini pun harus disesuaikannya dengan diameter koin. Begitupun sebaliknya jika ukuran jari kita besar koin yang digunakan pun harus diperhatikan ukurannya.
2. Telapak tangan serta koin harus bersih dan tidak basah dari keringat atau air agar saat palming, koinnya tidak jatuh atau membuat telapak tangan & jari-jari kita kesulitan nantinya. Kuku juga harus bersih agar tidak terlihat jijik.
3. Perhatikan tingkat kerapatan antara setiap jari, ada saatnya kita harus merapatkan jari-jari dan ada saatnya kita membuka lebar-lebar jari-jari kita.
4. Perhatikan sudut pandang penonton dan jarak antara magician dan penonton
5. Sering-sering berlatih didepan kaca, agar kita tahu kualitas palming kita, juga dengan latihan kita akan menemukan posisi meletakkan koin yang terbaik ditelapak tangan kita
6. Hanya tambahan, bisa juga gunakan perekat seperti lem, atau double tip. Untuk routinennya.
Dibawah ini ditunjukkan, paling tidak ada 11 teknik palming koin beserta gambarnya dan bisa dikembangkan dengan routine-routine lainnya, entah kepermainan ilusi ataupun extreme magic, dsb.

a. The Classic Palm


Teknik ini sangat sering digunakan oleh magician, biasanya diroutinekan dengan permainan manipulasi koin atau kartu. Posisi koin sendiri, berada ditengah-tengah telapak tangan, pastikan koin dan tangan kering. Gunakan otot dekat jempol bawah untuk menekan koin lebih kuat. Sudut pandang penonton sejajar kebawah dengan telapak tangan bagian luar atau sekitar jarak paling dekat 1 meter dan posisi tangan kita sejajar dada penonton.
b. The Front Finger Hold



Posisi ke-4 jari rapat, kecuali jempol, Perlihatkan telapak tangan luar dengan jarak paling dekat 1 meter. Koin berada diruas kedua jari tengah dan jari manis, dan sisi koinnya ditekan oleh jari telunjuk serta jari kelingking
c. The Finger Palm




Koin berada diantara jari kelingking dan jari telunjuk, tepatnya diruas ketiga jari tengah dan jari manis, dengan dibantu tekanan dari ruas kedua jari tengah dan jari manis (ditekuk kedalam) sekitar 80 sampai 90 derajat. Sudut pandang penonton melihat telapak tangan seperti tempurung.

d. The Downs Palm




Posisi tangan seperti orang hendak bersalaman. atau horizontal kedepan (telapak tangan terbuka). Koin terjepit antara jari telunjuk dan jari jempol bagian terbawah. Posisi jari-jari rapat. Dan sat mengambil menggunakan ujung jari telunjuk dan jari tengah.

e. The Edge Palm




Hampir sama dengan classic palm, namun kali ini hanya sisi-sisi koin saja yang menyentuh telapak tangan (koin vertical terhadap telapak). Dan gunakan jari manis serta jari tengah untuk mengambilnya dari telapak tangan.

f. The Back Palm





Koin ditempatkan ditelapak tangan bagian luar, tepatnya dijari tengah dan jari manis diapit oleh jari kelingking dan jari telunjuk telapak luar. Tekuk ke-4 jari ketika akan mengeluarkan koinnya.


g. The Thumb Palm




Koin dijepit disela-sela jari telunjuk sisi bawah dan jari jempol, tepatnya dicekungan jempol dan telunjuk. Koin diambil dengan menekuk jari telunjuk dan jari tengah kedalam dengan menjepit koin.
h. The Back Thumb Palm



Hampir sama dengan Thumb Palm, namun kali ini posisi koin berubah menjadi ditelapak tangan bagian terluar. Gunakan jari telunjuk untuk mengambil koin, dengan terlebih dahulu menjatuhkannya ke jempol.

i. Fingertip Rest Position




Koin diletakkan diruas paling atas dijari tengah dan jari manis. Posisi telapa tangan menggenggam tapi agak renggang
j. Curl Palm



Posisi jari seperti hendak mencubit atau posisi seperti bermain kelereng. Tarik dengan jari tengah dan jari manis bagian dalam ruas keduanya.
k. Deep Back Clip Steel




Salah satu trik palm favorit saya. Posisi telapak tangan seperti tangan orang meminta, dan koin diselipkan diantara jari manis dan jari tengah,,koin kira-kira 40% terselip diantara kedua jari tersebut sisanya dibawah telapa tangan. Routine permainan ini biasa saya mainkan dengan thumb palm diawal. Cara mainnya ‘saya meminta keseseorang koin/ uang sekitar 3 sampai 4 koin (saat meminta kita menggunakan teknik thumb palm)’, dan ketika orang fokus mengeluarkan koinnya ksaya ganti teknik thumb palm menjadi deep back clip steel. Dan lalu orang tersebut menyerahkan koinnya ketelapak tangan yang sudah saya selipkan koin. Misal dia menyerahkan koinnya sebanyak 3 buah (total Rp. 500),,kita beri cerita bahwa koin ini bisa memperbanyak diri dari bayangannya karena dia mampu berkembang biak, lalu kita tutup dengan telapak tangan satunya, dan perlahan naikkan koin dari bawah ke atas dan jreng jreng…koin bertambah banyak menjadi 4 koin (Rp.600), kita pun bisa membeli rokok. Lihat gerakan2nya dibawah



Bent Coin
Trik ini disubmit oleh "No Name", peserta The Battle of Wikumagic April 2010 kategori First Division


BENT COIN
Trick ini mulanya saya melihat si demian aditya di salah satu stasiun TV. Kemudian saya mencoba untuk mencari dan memikirkan trick tersebut mungkin seperti ini lah trick kembangan dari saya yang menggunakan teknik kecepatan tangan dan mentalis.
Efect : Pesulap memberikan coin kepada penonton ( dalam hal ini saya menggunakan coin 100 rupiah ) kepada penonton untuk diperiksa, bisa juga kita menggunakan coin penonton, kemudian seteelah diperiksa coin tersebut di genggam penonton. Pesulap pun beraksi dengan kata kata mentalist, lalu penonton membuka tangan yang menggenggam coin tersebut, ternyata tidak berubah sedikit pun pada wujud coin tersebut, para penonton pun tertawa dan menganggap kita sebagai pesulap ece – ece. Pesulap mengambil kembali coin tersebut untuk diperiksa kembali, kemudian pesulap mencoba satu kali lagi: coin digenggam penonton, dengan gaya mentalist coin tersebut atau coin yang digenggam penonton bengkok dan lecet lecet dengan sendirinya disaat penonton membuka tangannya tersebut dan orang – orang pun member applause pada kita.
RAHASIANYA
Gimmick : Sediakan coin 100 rupiah, sebanyak 2 buah coin. Coin yang pertama kita bikin bengkok. Yang kita bengkokkan satu buah saja yang satunya tidak usah. Seperti gambar berikut :





TRICK
1. Kita cari orang yang mau diajak bermain magic, sebaiknya permainan ini dilakukan di jalan jalan karena magic ini sangat cocok untuk street magic
2. Setelah mendapatkan satu orang untuk diajak bermain magic kita keluarkan 1 coin 100 rupiah untuk di periksa penonton sedemikian rupa…… ingat pada saat penonton memeriksa coin tersebbut kita harus siapkan coin yang kita buat pada penjjelasan awal tadi, di tangan kiri pesulap seperti gambar berikut




3. Kemudian suruh dia untuk mengenggam coin tersebut seperti gambar berikut ……….










beritahu dia agar coin tersebut seperti gambar tersebut

4. Pesulap berkata, coba anda untuk memusatkan pikiran, beserta energy dalam tubuh anda untuk pada suatu titik tumpu utama yaitu koin tersebut… Dan apa yang terjadi ? yang terjadi adalah pada koin tersebut mengalami perubahan lecet bengkok ataupun yang lainnya….. nah sekarang pesulap mengatakan, buka tangan anda …..zreng….. ternyata coin tidak berubah sama sekali,hahahahahahah penonton tertawa dan mencela anda.
5. Pesulap jangan menyerah : ambil lagi coin tersebut pegang dengan tangan kanan kiri, namun kita mengambil koin tersebut, seolah olah mengambil, pada hal tidak mengambil seperti gambar berikut ? (klik pada gambar untuk memperbesar)






6. Setelah coin tersebut tertukar, coin asli simpan di kantung jangan sampai ketahuan, gunakan sugesti anda / pengalihan keadaan disaat menyimpannya??? Artinya secara sembunyi – sembunyi jangan sampai ketauan.
7. Coin yang bengkok digenggam penonton kemudian lakukan lagi seperti langkah 4. ……..dan orang – orang pun berkata hahahahahahahahhahah wow
8. Dan makna permainan : Ingatlah gunakan pikiran anda dan energy anda pada suatu titik utama pada suatu tindakan atau pengatasan masalah, maka mungkin saja tindakan yang dilakukan / pun untuk mengatasi masalah bisa diselesaikan dan mendapat hasil yang baik. Karena dengan kekuatan energy dan pikiran, suatu yang kita lakukan pasti baik, intinya gunakan pikiran dan energi disetiap tindakan.
Pertanyaan :
1. Mengapa harus coin 100 rupiah digunakan ? Karena coin 100 rupiah lebih kecil dari pada coin 500 dan 200. Juga agar coin bengkok yang digenggam penonton tersebut tidak terasa pada tangannya, . . . . . .boleh juga kalau anda ingin mencoba coin 500 atau 200………
2. Kenapa menggenggamnya harus seperti gambar tersebut ? Karena bila menggenggamnya tidak seperti itu coin yang bengkok akan terasa lebih dulu oleh tangan penonton, oleh karena itu menggenggamnya seperti itu

Catatan :
1. Boleh menggunakan coin penonton , tetapi perkirakan menyerupai seperti coin gimmick kita yang dibuat sebelumnya , misalnya coin korok dengan baru , itu tidak cocok dan akan malah membikin trick kita ketahuan
2. Boleh diulang beberapa kali, asalkan kita punya banyak uang bengkok, tetapi sebaiknya 1 kali pertunjukan saja di satu tempat , karena apabila penonton meminta untuk diulang, bukan karena kagum atau mau liat melainkan mau mengetahuinya atau mau membocorkannya. ….OK selamat mencoba

3 Devil Coin Penetrate Glass
Trik ini disubmit oleh Bayu Firdaus, peserta The Battle of Wikumagic February 2010 kategori First Division


"The Battle of Wikumagic February 2010"
3 devil coin penetrate glass


Deskripsi:Anda mampu membuat 3 Koin di tangan anda.,Dengan kekuatan ilusi satu demi satu koin akan masuk kedalam gelas.

Bahan dan alat:4 Koin yang sama Persis(Koin Baru),Gelas Dan Meja.


Koin bisa koin pinjaman/kita persiapkan terlebih dahulu
Koin dan gelas bisa di periksa,sebelum dan sesudah ilusi di mainkan


Terinspirasi dari Permainan:Demian Sang Ilusionis

Penggabungan :ilusionis dan mentalis,Mentalist(bahwa kita akan melawan teori hukum fisika kuantum,bahwa benda padat tidak bisa menembus benda padat,di sini kita akan menembuskan koin masuk ke dalam gelas),Ilusi(3 koin yang dapat berpindah dari tangan kiri 1 demi 1 satu masuk menembus gelas yang di tutup tangan kanan.

Persiapan:

1.Sediakan 4 koin dan gelas yang di taruh di atas meja.
Lihat gambar di samping:




2.Kita hanya memperlihatkan 3 koin dan 1 gelas di atas meja.
Lihat gambar di samping:




3.Sembunyikan 1 Koin di salah satu tangan kita(saya memakai tangan kanan).
Lihat gambar di samping,
kalau melihat dari bawah
begini cara menyembunyikan
dengan cara mengepitnya:



Lihat gambar di samping,
kalu melihat dari atas
begini bentuk posisi tangan
dengan cara mengepitnya:


Perfome:Panggil seorang/beberapa orang(audiens) untuk anda hibur.

1.Mintalah mereka untuk memperhatikan keajaiban/ilusi yang akan anda mainkan.

2.Katakan kepada penonton bahwa anda memiliki 3 koin iblis(anda bisa mengeluarkan koin tersebut dari kain hitam,agar lebih mistis),dan 1 gelas kaca solid.
Lihat gambar di samping:





3.Taruh ketiga koin di tangan kiri,lalu anda pegang gelas dengan tangan kanan.
Cara memegang gelas lihat gambar di samping:
(Ditangan kanan ini tersembunyi 1 koin)




4.Dengan satu hentakan tangan kiri kearah gelas yang di tutup oleh tangan kanan,maka 1 koin yang ada di tangan kiri secara bersamaan dengan hentakan akan masuk kedalam gelas yang di tutupi tangan kanan.

5.Lalu kita perlihatkan di tangan kiri hanya tinggal 2 koin,lalu kita taruh 2 koin di atas meja.

6.Ambil kembali 2 koin dan taruh di tangan kiri,lalu tutup gelas dengan tangan kanan,tapi keli ini kita tidak menggunakan hentakan,melainkan dengan cara meminum koin.
Lihat gambar disamping:




Lalu 1 koin secara bersamaan pada saat anda meminum koin di tangan kiri,akan masuk kedalam gelas yang di tutup tangan kanan.

7.Jadi sekarang ada 2 koin di dalam gelas dan 1 koin di tangan kiri.

8.Untuk koin yang terakhir,letakkan koin di atas meja,lalu tutupi dengan telapak tangan,maka setelah di angkat tangan kita, koin pun masuk kedalam gelas yang di tutupi tangan kanan.
Lihat Gambar:




Rahasianya

1.Kita gunakan 4 koin.
Lihat gambar:




2.1 koin kita sembunyikan di tangan kanan dengan cara mengepitnya,dan kita memakai 3 koin .
Lihat gambar:



3.Taruh 3 koin di tangan kiri,lalu tutupi gelas dengan tangan kanan yang ada 1 koin yeng tersembunyi.
Lihat gambar:



4.Pada saat menyentakkan koin di tang kiri,lalu secara bersamaan jatuhkan koin yang ada di tangan kanan.dan sekarang 1 koin sudah ada di dalam gelas.Pada saat anda ingin menunjukkan bahwa hanya ada 2 koin di tangan kiri yang sebenarnya ada 3 koin,cara menjatuhkan koinnya adalah:
Lihat gambar:
1 koin di kepit di tangan kiri lalu
Pindahkan 2 koin ketangan kanan



5.Kemudian katakan koin tinggal 2 di tangan kanan saya,lalu kepit 1 dari 2 koin di tangan kanan,dan koin yang tidak di kepit di pindahkan ke tangan kiri yang masih menyimpan 1 koin(Jadi yang di lihat penonton hanya ada 2 koin di tangan kiri,dan penonton tidak tahu bahwa 1 koin ada di selip di tangan kanan.pegang lagi gelas dengan cara menutup seperti gambar di No.3.lalu berpura-puralah meminum koin,dan pada saat meminum koin,jatuhkan lah 1 koin yang ada di tangan kanan,dan sekarang ada 2 koin di dalam gelas,dan perkiraan penonton tinggal 1 koin di tangan kiri,padahal ada 2 koin ,yang mana pada saat memindahkan 1 dari 2 koin di tangan kiri,koin yang tidak di kepitlah yang dijatuhkan ke tangan kanan.



6.Kemudian Kepit koin di tangan kanan dan pura-pura jatuhkan ke tanagan kiri,yang padahal di tangan kiri memang ada 1 koin yang di kepit.
Lalu hilangkan koin dengan cara’
Lihat Gambar:







Seolah-olah anda menekan koin hingga menghilang,padahal anda menjatuhkan koin kebawah dengan cara memutar-mutar tangan anda,dan pada saat koin telah jatuh ke bawah,kemudian angkat tangan anda dan secara serentak,jatuhkan juga 1 koin yang di selipkan di tangan kanan anda kedalam gelas,dan sekarang di dalam gelas sudah ada 3 koin,

7.Katakan “Sempurna”dan dapatkan aplaus yang meriah dari penonton.

Deskripsi : Anda bisa membakar uang kertas tanpa merusak uang tersebut sama sekali. Cocok untuk dimainkan sebagai pembukaan rutin sulap.


Persiapan :
Anda membutuhkan alat-alat berikut :
-Uang kertas
-Penjepit kertas
-Korek api
-Garam
-Alkohol dengan kandungan 50-70%
-Air


Prosedur :

1. Buat larutan yang terdiri dari 50 ml air dan 50 ml alkohol. Tambahkan sejumput garam. Aduk rata

2. Rendam uang kertas ke dalam larutan itu, pastikan semua bagian uang basah terkena larutan.

3. Ambil larutan, dan tiriskan sedikit larutan yang menetes. Biarkan uang agak sedikit mengering, dalam kondisi lembab (jangan sampai mengering sama sekali)

4. Pegang uang dengan penjepit kertas atau tangan anda. Jika anda takut terkena api, lebih aman pegang dengan penjepit kertas. Namun lebih meyakinkan jika anda memagangnya dengan tangan. Jika api mengenai sedikit tangan anda, cukup kibaskan tangan anda.

5. Bakar uang dengan korek api. Api akan menyala cukup besar. Tiup atau kibaskan uang. Setelah api padam, uang anda tidak akjan terbakar sama sekali. Lebih banyak trik sulap yang berhubungan dengan bahan kimia bisa anda temukan di alamat berikut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar